chasya sweet

Diunduh dari Notes Facebook Kotex “Dunia Cewe” asuhan dr.Ryan



Saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat mengenal apa itu komputer/PC/ laptop/notebook bahkan anak anak sekalipun sudah sejak dini diperkenalkan dengan media tersebut. Tanpa disadari bekerja dengan media elektronik tadi ternyata membawa dampak yang kurang menyehatkan bagi kesehatan mata kita akibat radiasi cahaya komputer. Tanda-tanda dampak radiasi tersebut biasanya mata sering terasa kabur, mata berkunang-kunang, kepala agak pusing, dan bahkan yang paling menyedihkan adalah adanya rasa mual bagi pemula yang menggunakan komputer.
Untuk meminimilisasi hal tersebut berikut tips singkat menjaga kesehatan mata dari sengatan radiasi komputer atau media elektronik serupa ;
  1. Coba pasang filter pada monitor komputer kamu. Filter ini berfungsi untuk menahan radiasi semaksimal mungkin agar tidak sampai ke mata.

  2. Pilihlah monitor yang berbentuk LCD/plasma karena monitor ini dipercaya lebih baik daripada monitor yang model lama. Jika kamu punya cukup uang, bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.

  3. Jagalah jarak mata dengan monitor komputer. idealnya jarak mata ke komputer adalah 30 cm.

  4. Letakkan monitor sejajar dengan mata, jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Usahakan saat melihat komputer, mata terasa nyaman.

  5. Atur warna pada layar monitor sehingga enak dipandang mata, jangan terlalu terang karena dapat menyebabkan mata menjadi silau, jangan juga terlalu gelap karena akan menyebabkan mata bekerja terlalu keras sehingga membuat mata menjadi cepat kering.

  6. Atur screen refresh rate menjadi 75 htz..caranya jika pakai windows XP klik kanan pada desktop-properties-setting-advanced-monitor-lihat kolom screen refresh rate atur menjadi 75 htz.

  7. Sesering mungkin kedipkan mata karena dengan kita mengedipkan mata maka akan merangsang kelenjar airmata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah dan lembab. Jika kita jarang mengedipkan mata,maka mata akan menjadi kering. Jika dipaksakan terus mata akan menjadi sakit dan akhirnya memerah.bila perlu anda bisa membeli obat tetes mata untuk membuat mata selalu dalam keadaan basah.

  8. Kamu bisa membeli semacam kacamata yang bisa dipakai pada saat menggunakan computer.

  9. Perhatikan cahaya disekitar ruangan tempat kamu menggunakan komputer. Usahakan ruangan cukup cahaya, jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap (tidak cukup cahaya).

  10. Setelah penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatkan mata minimal 15 menit, kamu bisa melihat lihat keluar ruangan untuk menyegarkan mata, usahakan untuk melihat objek yang berwarna hijau seperti pepohonan dan daun daunan.karena menurut para peneliti, warna hijau mampu membuat mata kembali segar.

  11. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel. Rajinlah untuk memeriksakan mata ke dokter mata untuk mengetahui adanya gangguan pada mata, jika mata benar benar sudah terasa tidak enak, jangan malu untuk menggunakan kacamata.
Demikian tips diatas, semoga dapat membuat kesehatan mata kamu lebih terjaga. Mulai sekarang sayangilah mata kamu karena ini merupakan anugrah yang diberikan kepada Tuhan. Bayangkan jika tidak bisa lagi menikmati indahnya alam, (wah tidak bisa dibayangkan). Harta bisa dicari tapi kesehatan tidak bisa dibeli.


^_^ thanks and please like ^_^

Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

mainkan sekarang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright© All Rights Reserved nour-chazannach.blogspot.com