chasya sweet
Agar lebih dekat dengan keluarga

Keluarga kita adalah sumber identitas dan kekuatan kita. Kata orang, kamu bisa memilih teman kamu, tapi nggak bisa memilih keluarga tempat kamu dilahirkan. Dengan bertambahnya usiamu, di rumah nggak semuanya berjalan mulus. Ortumu mungkin nggak selalu setuju sama rencana-rencana kamu. Adik dan kakak mungkin menurutmu kurang bertanggungjawab. Kamu kadang merasa sendiri dan ngga ada yang ngertiin. Hidup ini kadang nggak adil banget. Tapi mereka tetap keluargamu dan dalam banyak hal, kamu beruntung punya keluarga. Hubungan yang baik dalam keluarga nggak datang begitu aja. Supaya bisa punya hubungan yang matang dan penuh cinta di rumah, harus ada komunikasi, kerja sama dan saling respek di keluarga. Nih ada beberapa cara buat bikin hidup lebih asik dan lebih baik dengan keluargamu:
  • Bicarakan dan dengarkan. Komunikasi adalah proses dua arah. Ada saling memberi dan saling menerima dalam suatu komunikasi yang baik. Kalau yang satu sedang bicara, yang lain mendengarkan dan nggak interupsi. Yang mendengarkan rela menunggu gilirannya buat bicara. Setelah semua pihak mengeluarkan pendapatnya, mereka baru mulai kasih komentar tentang masalah yang lagi dibahas. Dalam berkomunikasi, kita perlu banyak nunjukin kesabaran dan respek ke orang lain. Caranya ya dengan mendengarkan tanpa menghakimi atau malah bias. Di dalam keluarga, kurangnya komunikasi yang baik biasanya bikin salah paham dan sakit hati. Mungkin berkomunikasi dengan anggota keluargamu ngga selalu gampang dilakukan, tapi kalau situasinya mendukung, coba deh cairkan suasana. It’s a good start.
  • Luangkan waktu bersama keluargamu. Kamu mungkin sibuk sekolah atau kerja, tapi kalau kamu bisa meluangkan waktu sehari aja dengan keluarga, kamu bakal bisa merasa lebih dekat dengan mereka. Bantu mamamu ketika dia sedang masak makan malam buatmu. Ngobrol dengan papa tentang kejadian yang lagi hangat ketika dia lagi nonton acara berita favoritnya. Kamu dan saudara-saudaramu bisa lebih sering hang out bareng. Kalau kamu masih single, isi satu hari dalam seminggu dengan kegiatan istimewa bersama keluarga. Jalan-jalan ke taman atau nonton DVD sekeluarga bakal bikin kamu lebih dekat. Kalau kamu sudah menikah dan punya keluarga, kamu bisa janjian dengan seluruh keluarga paling nggak sekali sebulan, supaya semua bisa ketemuan dan melakukan kegiatan yang asyik bareng-bareng. Ide piknik sekeluarga atau pergi berlibur ke tempat favorit kalian pasti bakal disambut hangat oleh semuanya.
  • Saling dukung. Keluarga tetap terdiri atas individu-individu. Sebagai individu, mereka punya impian sendiri-sendiri. Impian mereka mungkin nggak selalu cocok dengan impian kamu, tapi rasanya tenang banget kalau tahu bahwa ada yang mendukung kita dan percaya bahwa impian-impian kita bisa dicapai. Cobalah jadi orang yang suportif dan semangati mereka. Dengan menunjukkan dukunganmu, bukannya malah mengkritik, kamu malah bisa membantu memperkuat ikatan keluarga.
  • Saling ngertiin kepribadian masing-masing. Di dalam keluarga bisa ada bermacam-macam kepribadian. Kita belum tentu benar-benar ngertiin ortu dan adik kakak kita walaupun kita sudah hidup serumah bertahun-tahun. Kalau kamu ngerti gimana tanggapan ortumu dan saudara-saudaramu untuk situasi-situasi tertentu, komunikasi dengan mereka bisa lebih baik. Adikmu mungkin lebih terbuka dan mudah nunjukin perasaannya. Kakakmu mungkin suka ngambek kalau dicuekin dan jarang banget nunjukin rasa sayangnya. Abangmu yang biasanya terbuka mungkin bisa jadi sensitif dan touchy kalau dikritik. Nah, kalau kamu ngerti semua ini, kamu bisa tahu caranya menghadapi mereka dalam berbagai situasi.
  • Jangan terlalu dimasukin hati. Kamu mungkin sakit hati kalau ortumu marahin kamu dengan kata-kata yang keras. Kamu juga mungkin merasa kalau mereka ngga benar-benar sayang sama kamu karena mereka melarang kamu melakukan hal yang kamu mau. Ortumu cuma pengen menjaga kamu kok. Mereka cuma mau yang terbaik buat kamu. Jadi, jangan salahkan mereka ya. Coba deh ngertiin mereka.


^_^ thanks and please like ^_^

Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

mainkan sekarang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright© All Rights Reserved nour-chazannach.blogspot.com