chasya sweet
Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di sekolah. Di sekolahlah kita membentuk prinsip dan nilai-nilai yang kita anut, serta membangun persahabatan kita. Mereka yang kita temui di sekolah bakal jadi keluarga besar kita. Sebagai murid, kita mengalami banyak banget hal. Semua pengalaman ini ikut membentuk kita tumbuh jadi satu individu. Tapi jadi siswa itu ngga selalu gampang. Kita menemukan banyak tantangan, tapi kita juga having fun sama teman-teman. Pada akhirnya, memang benar kalau belajar itu nggak cuma di ruang kelas. Lama-kelamaan, dengan bertambah dewasanya kita, dunia ini berubah jadi ruang kelas besar kita, dan juga guru kita.
Sebagai siswa, susah untuk berprestasi di kelas dan pada saat yang sama juga tetap bisa jadi anak yang gaul. Mempertahankan prestasi akademis yang baik nggak selalu mudah. Butuh kerja keras dan disiplin. Dan senang sekali apabila kita tahu bahwa keluarga dan teman-teman mendukung kita. Gimana caranya nyeimbangin kehidupan belajar kita dan keasyikan kita dengan teman-teman, coba deh cara-cara ini:
Pilih teman yang percaya dengan nilai-nilai yang sama denganmu. Punya teman yang punya value yang sama dengan kamu pastinya akan bikin banyak hal jadi lebih mudah. Temanmu mungkin nggak akan selalu setuju denganmu, tapi akan lebih baik kalau kalian punya prinsip yang sama dalam memandang hal-hal penting dalam hidupmu, seperti dalam hal pendidikan dan disiplin, moralitas dan respek ke keluarga. Teman-temanmu harus punya prinsip yang sejalan denganmu. Yang penting, teman-temanmu membantumu buat maju, bukan malah jadi penghalang. Prinsip ini juga berlaku buat sebaliknya buat mereka.


Bikin jadwal dan ikuti. Pengaturan waktu itu penting banget, nggak cuma supaya sukses di belajar, tapi juga supaya sukses dalam banyak hal lain di hidupmu. Bikin deh jadwal belajar, dan patuhi itu. Sisakan waktu buat hang out bareng teman-teman. Fleksibellah dengan waktu gaul ini kalau perlu. Relaks dan enjoy aja. Bersyukurlah bahwa kamu punya teman-teman yang senang berada di dekatmu, kayak kamu senang berada di dekat mereka. Ketahui prioritasmu. Kalau ada tugas yang harus dikumpulkan atau ujian yang tinggal beberapa hari lagi, bikin prioritas untuk apa yang harus dikerjakan. Bikin prioritas itu penting buat membantumu mencapai tujuan. Cara ini bikin kamu fokus sama tujuan kamu. Bersabarlah dan tetap disiplin. Kamu ngga bakal nyesel deh nantinya.
Pegang prinsipmu. Kalau perlu, bersikaplah tegas. Teman-temanmu harus tahu prioritas kamu. Bikin mereka respek padamu dengan memegang teguh keputusan yang sudah kamu bikin. Jangan jadi orang yang gampang dipengaruhi. Ketahui apa yang kamu inginkan dalam hidup, temanmu bakal respek sama kamu.
Kalo sukses, bagi-bagi dong. Jangan mau sukses sendiri. Berbagilah dengan teman-temanmu. Ngga ada orang yang hidupnya sendirian aja kok. Bikin teman-temanmu ikut jadi bagian dari kesuksesanmu itu penting banget buat teamwork dan pastinya, supaya mereka tetap mendukungmu.
Nggak perlu sombong. Dengan kerja keras dan disiplin, nggak sulit buat mencapai banyak hal. Kamu bakal sukses dalam belajar dan bakal menuai rasa kagum dari teman-teman dan keluarga. Coba deh buat tetap rendah hati dan nggak sombong. Dengan begitu, mereka malah akan tambah kagum.
Bilang makasih dong. Jangan lupa buat berterima kasih pada teman-temanmu dan semua orang yang sudah mendukung dan percaya dengan kemampuanmu. Hubunganmu dengan mereka lebih dari sekedar di sekolah. Carilah teman, bukan musuh. Caranya, ya ingatlah buat say thank you ke mereka.


^_^ thanks and please like ^_^

| edit post
Reaksi: 
0 Responses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

mainkan sekarang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright© All Rights Reserved nour-chazannach.blogspot.com