chasya sweet

Menstruasi merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap wanita, yiatu keluarnya darah dari  vagina secara berkesinambungan dikarenakan terlepasnya lapisan endometrium uterus.

Menstruasi atau biasa kita sebut datang bulan adalah merupakan perubahan fisiologis  yang terjadi didalam tubuh wanita yang terjadi secara periodik dan terpengaruh oleh hormon reproduksi, hal ini merupakan salah satu hal yang penting dalam reproduksi.

Pada wanita hal tersebut biasa terjadi setiap bulan dimulai dari usia remaja sampai menopause. Periode yang terjadi untuk menstruasi pada wanita berkisar antara 28 hari pada umumnya, akan tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama.

Kadang-kadang ada wanita yang mengalami menstruasi di kisaran setiap 21 hari sampai 30 hari. Lamanya menstruasi pun berbeda-beda dimulai dari 2 hari masa menstruasi hingga 7 hari.

Pada umumnya darah yang dikeluarkan ketika seorang wanita menstruasi adalah sekitar 10 mili leter sampai 80 milileter per hari tapi rata-rata wanita normal hanya mengeluarkan darah sekitar 35 mili leter per hari.

Pada saat wanita mengalami menstruasi biasanya mereka menggunakan pembalut untuk menyerap darah yang dikeluarkan oleh vagina di saat melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari, terutama pada saat tidur supaya bokong dan celana tidak basah dibanjiri darah menstruasi dan supaya tetap terasa nyaman.

Pembalut yang digunakan selayaknya diganti dua kali sehari agar tidak terjadi infeksi pada vagina dan menghindari gangguan-gangguan lainnya. Sebaiknya wanita yang sedang mengalami menstruasi menggunakan produk pembalut yang sudah dilengkapi dengan anti bakteri dan memiliki siklus udara yang bagus.

Seorang wanita akan mengalami menstruasi pertama kali pada usia sekitar 11 sampai 16 tahun. Adapun wanita yang sudah mengalami menstruasi pada usia 8 tahun hal tersebut terjadi dikarenakan asupan gizi yang dikonsumsi berkembang sangat baik di dalam tubuh.

Sehingga mempercepat proses datangnya menstruasi dan sebagai tanda bahwa sel telur siap untuk dibuahi, hamil serta mengandung anak. Untuk remaja putri yang baru pertama kali mengalami menstruasi biasanya mengalami siklus menstruasi yang belum teratur dan itu menjadi hal yang wajar.

Terdapat beberapa fase bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi, diantaranya:
Fase folikuler yaitu kadar FSH atau ( Folice Stimulating Hormone ) menjadi meningkat yang menumbuhkan 330 folikel ovarium atau (kantung dinding telur) dan masing-masing mengandung satu sel telur.

Fase ovulatior
Yaitu kadar LH atau ( Luteinizing Hormone) meningkat. Apabila kadar ini meningkat maka wnita yang sedang mengalami menstruasi merasakan sakit pada perut bagian bawah dan bisa berlangsung beberapa menit atau sampai berjam-jam.

Fase luteal
yaitu proses dimana lepasnya sel telur dari indung telur selama kurang lebih 14 hari, disertai dengan folikel ovarium yang menutup kembali dan membentuk kopus luteum dimana kopus luteum ini menghasilkan progesteron dalam jumlah yang sangat banyak.

Selain beberapa fase diatas, saya ingin memberikan beberapa tips menarik guna menjaga proses menstruasi yang tepat dan bersih yaitu:
1.    Pergunakanlah kalender sebagai panduan untuk mengetahui siklus menstruasi anda, dengan mencatat tanggal ketika anda mengalami menstruasi.
2.    Rawat vagina baik-baik dengan menjaga kebersihannya untuk menghindari infeksi dan virus serta gangguan lain, selama menstruasi.
3.    Apabila pinggang terasa sakit ketika mengalami menstruasi, pergunakanlah obat penghilang rasa sakit atau dengan meminum ramuan tradisional.
4.    Pilih lah produk pembalut yang  aman, mengandung anti bakteri yang baik, memiliki sirkulasi udara yang lancar, tidak mengandung gel. Serta pakailah underwear yang lembut mengandung bahan cotton. Perlu diketahui bahwa darah menstruasi merupakan media yang paling mudah bagi bertumbuhnya bakteri dan penyakit.
5.    Gantilah pembalut dan celana dalam anda yang digunakan sekitar 2 atau 3 kali sehari tergantung banyak atau tidaknya darah yang dikeluarkan.
6.    Membersihkan vagina anda dengan sabun yang ber PH lembut dan ringan ketika mengganti pembalut atau buang air besar/kecil sehingga vagina anda terjaga dari alergi, infeksi dan jamur.(yn)


^_^ thanks and please like ^_^

Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

mainkan sekarang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright© All Rights Reserved nour-chazannach.blogspot.com