chasya sweet
Akhirnya, setelah lama ditunggu-tunggu, puasa datang juga. Kalau beberapa tahun lalu, sekolah libur selama bulan puasa, sekarang sudah nggak zaman lagi. Justru sekarang ini meskipun puasa, kita dituntut tetap aktif di sekolah. Padatnya jadwal sekolah, belum lagi ekskul, dan les nggak boleh bikin kamu mundur dari ibadah puasa. Tapi yang namanya sibuk pasti bikin kamu gampang lelah, belum lagi godaan dari orang-orang sekitar dan hantu-hantu jahil’ yang menggoda ibadah puasa kita. Nah, artikeL Remaja mau membeberkan jurus jitu buat temen temen semua, biar puasa kita selalu lancar.

Makan sahur itu penting banget buat kita yang punya aktivitas sekolah yang segudang. Gunanya untuk memperoleh cadangan energi. Kalau nggak sahur, kita bakal  mudah terkena hipoglikimia, dimana kadar gula dalam darah turun, yang berakibat tubuh jadi lesu, loyo, gampang mengantuk, dan gampang marah. Nggak mau kan puasa batal gara-gara marah yang nggak penting. Ini yang harus kita lakukan:
  • Makan saat sahur secukupnya saja, nggak perlu terlalu banyak, kalau nggak mau sakit perut di pagi harinya.
  • Makan makanan yang mengandung serat buat memperlancar pencernaan.
  • Hindari sahur dengan makanan yang pedas, bisa bikin mules di sekolah.
  • Jauh-jauh sama makanan yang bikin bau mulut seperti jengkol, petai, bawang, kalau nggak mau mulut kamu bau dan dijauhi teman-teman di sekolah.
  • Konsumsi multivitamin untuk menambah stamina, supaya kamu nggak lemas di sekolah.
  • Banyak minum air putih saat sahur untuk mencegah dehidrasi saat kita beraktivitas di sekolah. Selain itu, minum banyak air putih saat sahur juga bisa mencegah bau mulut lho.
Selama Sekolah
Makan sahur sudah mengikuti anjuran artikeL Remaja. Nah, sekarang bagaimana mempertahankan puasamu biar nggak ’jebol’ sebelum bedug maghrib datang. Just read this!
  • Saat ditengah-tengah pelajaran kurangi ngobrol dan bergossip. Soalnya, selain dosa, kalau kita banyak ngomong bisa mengurangi tenaga lho. Jangan ngrumpiiiii yeee…hehehe :))
  • Seandainya kamu punya teman yang nggak puasa, kali ini kamu harus tega menolaknya secara halus kalau dia minta ditemani ke kantin. Soalnya, kalau kamu nggak kuat godaan, bisa-bisa ikutan makan, deh. Kecuali kalau kamu memang orangnya kuat iman dan nggak gampang tergoda itu sah-sah saja.
  • Jaga mata ya, hindari juga memerhatikan orang lain makan dan minum.
  • Tetap ikut kegiatan sekolah seperti biasa, cuma disesuaikan dengan stamina kamu. Misalnya, waktu pelajaran olahraga jangan terlalu berat. Nanti takutnya bikin kelelahan dan memicu kamu untuk membatalkan puasa.
  • Lakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti baca buku saat istirahaat, eits…tapi jangan tidur lho, browsing hal-hal yang bermanfaat, atau mendengarkan musik yang bisa memengaruhi mood kamu biar jadi lebih bagus. Jadi kamu nggak terlalu boring.
  • Mengikuti acara-acara keagaaman di sekolah, buat menambah ilmu agama sekaligus menambah amal di bulan Ramadhan.
  • Paling penting, jangan lupa sholat. Selain menambah lengkap amal puasa kita, sholat juga dapat membuat pikiran menjadi lebih bersih dan jernih.
Jadi, jangan jadikan puasa untuk alasan buat kita bermalas-malasan di sekolah ya .. Semangat!!! :)


^_^ thanks and please like ^_^

0 Responses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

mainkan sekarang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright© All Rights Reserved nour-chazannach.blogspot.com